fbpx

Conversion Funnel Mastery adalah sebuah framework tentang bagaimana membuat orang asing menjadi multi buyer dan raving super-fans.

Penjualan adalah fungsi utama dari setiap bisnis karena penjualan bisa di ibaratkan seperti oksigen untuk bisnis itu sendiri.

Ada strategy marketing dan penjualan yang memungkinkan anda untuk menjangkau orang supaya tertarik ke bisnis / produk anda, mengkonversi orang tersebut menjadi lead dan memaksimalkan penjualan yang datang dari lead tersebut.

Untuk memaksimalkan penjualan, anda bisa menerapkan strategi ini di bisnis Anda.

Strategy ini adalah Conversion Funnel Mastery atau saya sering menyebutnya Conversion Funnel Optimization (CFO) adalah sebuah metode, framework atau struktur untuk memaksimalkan nilai/value dari setiap prospek/pelanggan yang datang ke sales funnel anda.

Conversion funnel mastery

Apa gol dari Conversion Funnel Optimization (CFO) ini?

  1. Meningkatkan jumlah kustomer
  2. Meningkatkan nilai rata-rata transaksi per kustomer
  3. Meningkatkan jumlah transaksi per kustomer

Conversion Funnel Optimization (CFO) bekerja karena mengikuti struktur, urutan dan tahapan dalam menjalin suatu relationship/hubungan antar manusia yang normal.

Apa maksudnya ada struktur dan tahapan dalam menjalin hubungan yang normal?

Contohnya, bagaimana anda menemukan dan akhirnya bertemu dengan istri/suami atau pacar anda?

Ya, mungkin anda tahu di balik itu pasti ada suatu proses dan tahapannya. yang dulu nya pasangan anda adalah orang asing dan akhirnya bisa bersama, saling cerita, saling cinta

Tentu anda tahu disitu ada sebuah tahapan dan proses.

Begitupun dengan bisnis dan marketing, tapi kebanyakan para marketer sering lupa bahwa bisnis dan marketing adalah jenis lainnya dari hubungan antar manusia.

Dan dengan adanya Conversion Funnel Optimization (CFO) saya akan menjelesakan bagaimana cara nya menjalin relationship dengan prospek anda yang akhirnya akan menikah dengan anda (menjadi multi buyer)

Seperti yang anda lihat di gambar di atas, untuk menjangkau kustomer ideal anda dan meningkatkan value mereka, ada 7 langkah yang harus dilalui:

1. Determine Product/Market Fit

Jika anda lihat contoh di atas, hubungan antar manusia, tentang bagaimana anda bertemu dan mejalin hubungan dengan pasangan anda sekarang. Determine Product/Market Fit adalah tahap pertama, kenapa? karena di tahap ini anda memikirkan tentang pasangan ideal anda.

Mulai dari bentuk wajah, cantik atau tidaknya. terus akhlaknya, baik atau tidaknya, kesenanganannya, hobinya dll.

Terus bagaimana kalau di dunia bisnis dan marketing? Buat customer avatar anda untuk mengetahui siapa target untuk bisnis dan produk anda. Siapa orang yang membutuhkan dan menginginkan produk anda? Apa poin-poin masalah yang sedang di hadapi dan bagaimana produk anda bisa menyelesaikan masalah itu?

Cari tahu siapa orang yang membutuhkan produk anda – apakah ini pria atau wanita? apakah dia sudah berkeluarga atau belum? apakah dia bekerja atau tidak? apa interestnya, rasa takutnya, keinginannya, dan kebutuhannya? Bagaimana kehidupan mereka sebelum dapat produk anda? dan bagaimana setelahnya?

2. Choose a Traffic Source

Di tahap pertama anda sudah mempunyai bayangan tentang pasangan ideal anda, maka selanjutnya akan timbul pertanyaan, dimana saya bisa mencari pasangan saya, di mall? di pasar? di cafe, di kampus? di pengajian?

Ada beberapa sumber traffic seperti Facebook ads, twitter ads, linkedin ads, youtube ads, seo blogging, adword, email, social media update (seperti update status di profile, group atau fanspage).

Jadi pilihlah sumber traffic yang biasa atau anda ahli disitu

3. Offer a Lead Magnet

Anda sudah mempunyai bayangan dan tahu dimana mencari pasangan ideal anda. Selanjutnya bagaimana anda tahu namanya, no tlp nya atau informasi lainnya.

Ya, tawarkan sebuah lead magnet, sebuah umpan supaya si prospek mau memberikan detail informasinya kepada anda. Sambil berkenalan berikan sebuah coklat, tanyakan namanya, no tlp nya, emailnya, dll.

Kalau di bisnis dan marketing, apa lead magnet nya? Bisa ebook, webinar gratis, free membership. Bisa juga kupon diskon atau gratis ongkir buat anda yang main di online shop.

Kenapa harus menawarkan sebuah lead magnet atau umpan? Contohnya gini, anda punya toko atau punya website, pengunjung datang ke toko atau website anda, cuman beberapa detik terus pergi lagi, anda tentu tidak ingin kehilangan data pengunjung yang datang ke tempat anda.

Terus gimana solusinya, tentu saja berikan sebuah lead magnet supaya setiap orang yang datang berkunjung bisa memberikan detail informasi mereka kepada anda.

Disitulah terjadinya sebuah konversi yang tadinya si pengunjung itu di anggap orang asing mejadi prospek karena sudah memberikan kontak informasinya kepada anda.

4. Offer a Tripwire

Tripwire offer adalah produk/jasa yang di desain untuk mengkonversi sebanyak mungkin lead menjadi kustomer. Jenis penawaran ini mempunyai nilai yang rendah atau harga murah, biasa nya dikisaran harga 10-200rb.

Di tahap 4 ini “Offer a Tripwire” adalah tahap dimana anda mengakuisisi si prospek jadi buyer, atau yang tadinya anda baru kenalan, sharing, ngobrol, ketika sudah mempunyai trust maka anda langsung ajak pacaran.

5. Offer a Core Product

Ini adalah produk utama anda yang biasanya harganya cukup mahal, di atas 500ribu-5juta. Fungsi di tahap ini adalah untuk mengkonversi buyer jadi multi-buyer.

Contohnya setelah anda pacaran maka gimana anda bisa menikah dengan pasangan ini. Mungkin anda pernah mendengar tentang istilah “Merried With Customer”

6. Offer a Profit Maximizer

Adalah upsell, cross sell, bundle/kit, atau produk terbaru anda yang gunanya untuk memaksimalkan value transaksi dari setiap kustomer.

Kustomer yang ada di tahap ini termasuk tipe raving-fans (Fans fanatik anda) yang dimana setiap anda mnegeluarkan atau menawarkan sebuah produk maka dia pasti beli.

Seperti contoh di atas “Merried With Customer” karena sudah menikah dengan pasangan, maka si pasangan pasti rela malakukan apa saja yang anda minta.

7. Create the Return Path

Return Path adalah sebuah strategy yang di gunakan untuk membawa lead atau kustomer yang sudah ada masuk ke dalam funnel.

Contohnya: orang yang ada di tahap lead magnet belum masuk ke tahap tripwire, yang ada di tripwire belum masuk ke core offer dan seterusnya…

Maka tahap ini anda harus melakukan yang namanya follow up, supaya lead atau kustomer bisa masuk ke funell atau tahap berikutnya.

Ketujuh tahap di atas adalah contoh basic dari setiap funnel.

Mudah-mudahan sedikit pembahasan di atas bisa membuat anda mengerti tentang funneling.


NasaPreneur

Konsultasi Produk dan Pendaftaran Member Baru Nasa WA 083114700006 - https://nasapreneur.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Hallo Kak ☺
Ada Yg Bisa Kami Bantu???